Saturday, April 07, 2012

Di antara Sumbing dan Sindoro

Pada libur panjang kali ini saya ingin melakukan hobi yang sudah agak lama tidak tersalurkan: jalan-jalan sambil memotret. Tadinya ingin ke lokasi yang agak jauh dan mengeksplorasinya dalam waktu yang agak lama, tapi karena ada anak yang tidak libur hari Sabtunya, rencana itu urung dijalankan. Saat memilih lokasi pengganti, saya teringat suatu tempat di antara Wonosobo dan Parakan. Kledung adalah daerah dengan elevasi tertinggi di antara kedua kota tersebut. Kledung terletak di antara dua gunung: Sindoro dan Sumbing. Saya pernah lewat daerah tersebut saat matahari baru saja terbit, tepatnya pada strip jalan lurus dari arah Wonosobo sebelum masuk ke Kledung. Di sisi kanan ada Sumbing, dan di sisi kiri ada Sindoro. Sinar matahari yang menyembul membuat punggun Sumbing dan Sindoro memerah. Dihiasi oleh kabut tipis yang tersisa, sungguh sebuah pemandangan yang sangat indah …

Akhirnya saya putuskan untuk pergi ke Kledung. Saat mencari hotel via Internet, kebanyakan informasi menunjukkan hotel di Wonosobo. Tidak…saya tidak ingin menginap di Wonosobo. Saya ingin menginap di Kledung. Tiba-tiba saya teringat juga, saat lewat daerah itu, ada penginapan yang sepertinya cukup bagus. Saya lupa namanya, tapi akhirnya ketemu juga: Kledung Pass Hotel. Setelah berburu di Internet lagi, ketemulah nomor teleponnya. Reservasipun dibuat, tapi sebetulnya tidak perlu karena mbak petugasnya bilang masih banyak kamar yang kosong.

Akhirnya saya dan istri berangkat hari Kamis sore jam 15.30. Kledung terletak sekitar 17km setelah kota Parakan dari arah Yogya. Perjalanan dari Yogya ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Perjalanan lancar, dan kami makan malam di RM Ani, dekat kota Parakan. Sampai di penginapan sekitar jam 19. Lokasi hotel di sebelah kanan (utara) jalan, pada jalan lurus setelah tanjakan Kledung yang berkelok-kelok. Kami agak terkejut karena tidak mengira hotelnya cukup bagus dan bersih. Sangat menarik mengingat biayanya hanya Rp 275 ribu per malam, sudah termasuk makan pagi untuk 2 orang.

Uniknya hotel ini adalah ada dua pilihan kamar: view menghadap gunung Sumbing atau menghadap gunung Sindoro. Setelah saya bandingkan, view ke Sumbing lebih bagus. Kamarnya sendiri tidak terlalu besar, tapi bersih. Ada teras kecil di luar kamar, sangat nyaman untuk memandangi Sumbing yang seolah-olah ada di hadapan kita persis. Oh..jangan berharap ada AC di hotel sekitar Kledung.. :D

Pagi harinya saya sudah siap setelah subuh. Ternyata masih gelap. Langit mulai memerah sekitar jam 5.45. Sosok Sumbing dan Sindoro mulai terlihat. Saya mulai mengeksplorasi daerah di sekitar hotel, dan mengambil beberapa foto (bisa dilihat di Album Foto di Google+ saya di http://goo.gl/5KWp3).

Hawa yang segar dan pemandangan yang indah sungguh membuat orang bisa berlama-lama di daerah ini. Sayangnya tidak ada obyek wisata atau kegiatan wisata lain yang tersedia. Padahal mungkin trekking ke kaki Sumbing atau Sindoro bisa dilakukan, mengingat jarak ke kedua gunung tersebut relatif dekat. Di sekitar hotel hanya ada kebun sayur, yang saat ini masih dalam tahap pengolahan tanah sehingga tidak menarik untuk dilihat-lihat.

Setelah puas memotret, kami sarapan di rumah makan yang ada di depan hotel. Sarapan yang diperoleh bisa dipilih: nasi goreng, rames, atau rawon (tidak ada menu continental di sini), tapi di rumah makan itu juga ada banyak lauk tambahan kalau kurang puas dengan menu basic tersebut.

Sebenarnya saya ingin tinggal di situ sampai menjelang sunset karena ingin merasakan view yang berbeda, tapi sayangnya tidak bisa dilaksanakan. Saya ingin merasakan suasana misty, sore temaram dan berkabut. Pasti menarik untuk difoto, tapi mungkin untung-untungan tergantung waktunya juga.

Anyway, saya puas dengan trip semalam ke Kledung ini. Suasana tenang, pemandangan indah, dan udara segar plus beberapa foto cukup untuk recharge energi dan memulihkan suasana hati. Saran saya, kalau mau pergi ke sini, usahakan untuk sampai di Kledung sebelum jam 17 agar bisa menikmati suasana menjelang matahari tenggelam.