Sunday, June 08, 2008







Old Trafford, 8 Juni 2008

Siapa yang bisa menyangka saya bisa menjejakkan kaki di stadion Old Trafford. Homebase Manchester United Football Club ini ternyata hanya berjarak kurang lebih 15 menit naik bis dari tempat tinggal adik. Dibandingkan dengan Senayan, jelas Old Trafford lebih kecil. Kapasitasnya hanya sekitar 60 ribu penonton, tapi stadion ini menjadi tempat tujuan wisata paling terkenal di Manchester. Dalam seminggu saja ada lebih dari 30 ribu wisatawan yang datang mengunjunginya. Tidak heran kalau Manchester United adalah klub sepakbola terkaya di dunia.

Kami memesan tiket tour keliling stadion, tetapi giliran kami baru 2 jam kemudian. Untuk mengisi waktu, kami masuk ke Megastore, toko merchandise milik MU. Toko yang didominasi warna merah ini memang sangat menggoda para fanatik MU dengan berbagai merchandise-nya, tetapi harganya cukup mahal. Kami juga masuk ke museum MU. Sejarah MU, para pemain terkenal, sampai penjelasan tentang kecelakaan pesawat terbang di Munich 6 Februari 1958 yang menewaskan 8 pemain MU, semua ada di sana. Selain itu ada juga memento seperti sepatu emas van Nistelrooy, kaus Giggs, piala-piala yang pernah dimenangkan (termasuk yang paling baru: Champions Cup 2008).

Tour dimulai tepat jam 14.20. Peter, sang tour guide, sangat berpengalaman dalam memandu tour kami. Dia hapal sekali facts and numbers tentang stadion Old Trafford dan MU-nya. Kami diajaknya berkeliling di tribun, masuk ke player's lounge, melewati lorong masuk lapangan, serta duduk di player's bench di tepi lapangan, tempat Sir Alex Ferguson dan timnya berada selama pertandingan berlangsung. Pada saat melewati lorong masuk lapangan, bahkan kami diperdengarkan musik pengiring yang disertai gemuruhnya sorak penonton -- seolah-olah kami adalah para pemain MU yang sedang memasuki lapangan hijau.

Well...ini pengalaman yang thrilling buat saya. Tidak heran kalau sepakbola telah berkembang menjadi sebuah industri yang mampu menyihir dunia...

1 comment:

Anonymous said...

Saya fans berat MU nih pak....
Jadi bermimpi, kapan bisa menginjakkan kaki di Old Trafford....